• info@ucy.ac.id
  • 0274-372274 (Hunting)
News Photo

Kunjungan ke Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia

Fakultas Ekonomi Universitas Cokroaminoto Yogyakarta kunjungi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia (FBE-UII) pada Kamis (15/09/2022) untuk mengetahui bagaimana sistem penjaminan mutu fakultas. Delegasi dari Fakultas Ekonomi UCY antara lain: Hanan Wihasto, SE., MM selaku Dekan UCY, Eko Prasojo, SE., MM selaku Kaprodi Manajemen, Fifin Kurniawati, S.Sos.I selaku Admin Fakultas Ekonomi bidang Pengajaran, Windy Wahyuningtyas, S.A.B selaku Admin Fakultas Ekonomi bidang Akademik, dan Awaludin Kamil selaku Dosen Praktisi. Sedangkan FBE UII dihadiri oleh Johan Arifin, S.E., MSi., Ph.D., CFrA, CertlPSAS selaku dekan FBE UII, Drs. Achmad Tohirin, M.A., Ph.D selaku Wakil Dekan II, Reni Yendrawati, Dra., M.Si selaku PSMF, dan Abdul Moin., S.E., MBA., Ph.D selaku Wakil Dekan I. 

Johan dalam penjelasannya menyebutkan bahwa penjaminan mutu dilakukan oleh tiap prodi yang ada di FBE UII. Terdapat beberapa audit yang ada di FBE UII, diantaranya ada Audit Mutu Internal (AMI), Audit Kinerja dan Audit Keuangan. Untuk auditornya dari pihak lain dan selalu memakai standar dari universitas. Kemudian disambung dengan pertanyaan lain, apakah audit mutu internal bagian dari persiapan dari akreditasi. Badan penjaminan mutu di fakultas mempunyai bawahan, yaitu penjaminan mutu prodi yang tidak boleh menjabat lebih dari satu. Kemudian di UII juga mempunyai standar mutu audit sendiri dan berbeda di tiap fakultasnya.  

Sementara Hanan menyebutkan UCY masih membebankan urusan administratif hanya kepada admin dan satu-satunya yang mengurus hal tersebut. Pemaparan dilanjutkan oleh Johan yang memberikan keterangan bahwasanya jika di FBE UII administratif dilakukan juga oleh dosen, sehingga dosen juga mengetahui mengenai urusan administratif yang ada. Studi banding ini kemudian ditutup dengan penukaran suvenir oleh kedua belah pihak dan foto bersama.

Share This News

Akreditasi merupakan pengakuan terhadap lembaga pendidikan yang diberikan oleh badan yang berwenang setelah dinilai bahwa lembaga itu memenuhi syarat kebakuan. Semua Prodi di UCY terkreditasi B.